Petaka itu bernama KotaHosting

Saya tak berharap anda masih ingat dengan ppkblud.com. Situs ini memang sepenuhnya menggantungkan nyawanya pada KotaHosting selaku penyedia jasa server hosting. Yup! situs ppkblud.com memang menjadi salah satu penyewa server di KotaHosting. Kenapa tidak menggunakan framework gratisan? Begitu mungkin tanya anda. Banyak pertimbangannya mas, pak , bu. Dari 100 pertimbangan, saya coba jelaskan empat saja mengapa saya memilih untuk menempatkan semua tulisan mengenai pengelolaan keuangan blud pada server berbayar.

Nih penjelasan singkatnya ya, mohon ingat baik-baik sebelum kemungkinan kejadian tutupnya KotaHosting juga membuat tulisan ini hilang bak ditelan tsunami.

1. Website ppkblud.com sepenuhnya milik saya
Beda halnya jika saya menggunakan platform blogger (blogspot.com), menggunakan website dengan hosting sendiri jauh lebih dominan, pasalnya jika menggunakan platform blogger maka besar kemungkinan website yang saya kelola bisa dihapus oleh Google jika saya melanggar ketentuan dan persyaratan mereka, jauh berbeda halnya jika saya menggunakan hosting sendiri, maka ppkblud.com sepenuhnya jadi milik saya. Dan yang terpenting, saya bebas memperlakukan website ini semau gue. Bener-bener semau gue. Bukan Elu !

2. Website ppkblud.com Terlihat Lebih Profesional
Alasan Kenapa harus memiliki Hosting Sendiri yang selanjutnya adalah menjadikan webiste saya terlihat lebih profesional. Bukan hanya sekedar menjadikan atau terlihat seolah benar-benar profesional, namun menggunakan hosting berbayar sudah pasti akan mendorong saya untuk selalu produktif menulis. Saya tak akan biarkan satu hari pun berlalu tanpa ada perubahan pada website. Orang sudah bayar, masak disia-siakan sih? Yang berikutnya tentu saja anda, para pengunjung website. Mereka akan berasumsi, situs ini free untuk semua orang. Menyediakan semua informasi, regulasi dan praktik terbaik pengelolaan keuangan bLUD tanpa harus menyebabkan anda bokek. Apalagi si empunya situs bukannya dapat uang, malah keluar uang untuk membiayai semua aktivitas website. Wah luar biasa. Bagi saya cuma satu, bukan hanya sekedar profesional, dengan memiliki domain sendiri yang berbayar, menyebabkan google lebih ikhlas mengindeks website ini. Maka dengan kata kunci yang sama, saya yakin situs ini akan menjadi situs yang pertama kali anda akses dibanding dengan framework blog gratisan.

3. Saya Bebas menggunakan plugins Sesuai Kebutuhan
Alasan yang selanjutnya adalah karena saya bisa dengan bebas menggunakan plugins sesuai dengan kebutuhan, baik itu untuk keperluan optimasi ataupun untuk keperluan desain misalnya atau bahkan plugins yang memiliki kemampuan menjadikan blog semakin mudah dijelajahi oleh robot mesin pencari, ada juga yang berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung., hal ini jauh berbeda jika saya menggunakan blog gratisan yang tidak didukung dengan plugins.

4. Saya Bebas Menggunakan Theme
Alasan Kenapa harus memiliki Hosting Sendiri yang terakhir adalah saya bisa dengan bebas menggunakan theme, baik itu theme standar ataupun theme profesional, penyebabnya karena website wordpress dengan hosting berbayar umumnya memiliki ribuan theme website yang bagus yang bisa digunakan untuk mendesain template website saya, hal ini jauh berbeda jika anda menggunakan platform blogger yang umumnya memiliki pilihan theme website yang serba terbatas.

Nah jelas bukan. Mantap ni alasan gue! Namun hanya satu yang sy abai. Pemilihan perusahaan hosting! Saya hanya tergiur dengan biaya murah. Ini juga andil kalian, yang hoby bertanya gratisan sih. Uups…keceplosan. Maaf .

Saya baru sadar KotaHosting bukan lah penyedia hosting yang baik, ketika pada suatu hari, dengan sepihak mengumumkan kematiannya. Tak ada tanggung jawab untuk mengembalikan semua data yang tersimpan di server. Dan sim salabim. Lebih dari 50 tulisan saya menguap, hilang begitu saja. Begitu juga ribuan pertanyaan dan diskusi yang telah terjalin intens. Sedih? So pasti.

Hilangnya materi tulisan tentu saja memberikan pelajaran sangat berharga. Mulai hari ini, saya harus berjanji pada anda selain harus rutin menguplod materi baru, juga harus memback up nya!

Titik..!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*